Monday, June 12, 2017

Ini Kisah Keluarga ' Bhinneka Tunggal Ika' Asal Bantul


SEHATPOKER.COM AGEN DOMINO ONLINE TERPERCAYA SERTA AGEN BADAR KIU ONLINE INDONESIA


Ini Kisah Keluarga ' Bhinneka Tunggal Ika' Asal Bantul
Ini Kisah Keluarga ' Bhinneka Tunggal Ika' Asal Bantul






Sejak awal berdirinya Indonesia sebagai sebuah negara, konsep Bhinneka Tunggal Ika disepakati oleh para pendiri bangsa sebagai mantra pemersatu berbagai suku, agama dan ras yang menggabungkan diri dan memiliki cita-cita yang sama untuk membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di Dusun Mandingan, Desa Ringinharjo, Kabupaten Bantul, DIY ada sebuah keluarga yang bisa dijadikan sebagai gambaran Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia."Keberagaman di keluarga kami tak pernah membuat perpecahan. Setiap ada masalah, tak pernah salah satu dari anggota keluarga memaksakan keyakinannya dalam mencari solusi. Semuanya dibahas bersama tanpa ada yang merasa paling benar," pungkas Halim.

Keluarga yang terdiri dari empat anggota keluarga ini terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak ini memiliki keyakinan yang berbeda-beda. Dalam keluarga ini, setiap orang memiliki kebebasan untuk menentukan keyakinan sesuai dengan proses pencariannya masing-masing. Setiap anggota keluarga pun tak pernah memaksakan keyakinannya kepada anggota keluarganya yang lain.Sumulyo Halim (22) anak pertama dari pasangan Djoni Efendi Halim (64) dan Vivi (50) mengatakan bahwa sudah sejak kecil keluarganya memiliki keyakinan yang berbeda-beda. 






Halim, demikian Sumulyo Halim biasa dipanggil menceritakan bahwa awalnya, ayahnya, Djoni memiliki keyakinan yang sama dengan sang ibu yaitu Budha. Saat menikah pun keduanya masih memeluk keyakinan Budha. Hingga pada suatu saat, Djoni melakukan perjalanan ke Jawa Barat selama beberapa waktu. Sepulangnya dari Jawa Barat ini, Djoni pun memutuskan untuk berpindah keyakinan menjadi Islam. 

Pilihan Djoni ini pun didukung oleh sang istri, Vivi. Meskipun mendukung Djoni menjadi Islam namun Vivi tetap pada keyakinannya yaitu Budha. "Jadi serumah saya ada empat orang dan berbeda keyakinan. Ayah Islam. Ibu Budha. Saya Kristen Karismatik dan adik saya Kristen Jawa," papar Halim saat ditemui, Sabtu (10/6) yang lalu di Bantul.Halim menjelaskan bahwa dalam keluarganya menganut prinsip bahwa agama atau keyakinan bukanlah berdasarkan keturunan. Keyakinan, kata Halim merupakan sesuatu yang holistik dan merupakan pengalaman spiritual yang didapatkan berdasarkan pengalaman dan pencarian masing-masing.






"Meski berbeda keyakinan, tetapi di keluarga kita saling mendukung dan menguatkan. Misalnya saat bulan Ramadan seperti ini, ayah saya menjalankan ibadah puasa, ibu saya pun tetap menyiapkan hidangan sahur dan buka puasa. Bahkan juga membangunkan ayah saat sahur," terang Halim.Halim pun menuturkan bahwa saat dirinya merayakan Natal, kedua orang tuanya juga mengucapkan selamat Natal dan menyiapkan hidangan spesial. Sedangkan saat ayah merayakan Idul Fitri, semua anggota keluarga pun ikut merayakannya. Bahkan juga mengikuti tradisi mengunjungi tetangga lainnya dan saling bersalaman dan bermaaf-maafan.






"Kami juga saling mengingatkan saat keluarga yang lainnya waktunya beribadah. Misal waktunya ayah shalat, kami sering mengingatkan. Atau kalau hari Minggu, waktunya saya ke gereja, orang rumah juga mengingatkan agar berangkat ke gereja. Kalau ibu sedang sembayangan di vihara, saya juga kerap mengingatkan dan juga mengantar ibu beribadah. Dulu waktu kecil saya juga sering diantar ke gereja oleh ayah dan ibu," urai alumnus jurusan Geografi UNY ini.Di rumah yang saat ini ditinggali oleh keluarganya, Halim menyampaikan bahwa berbagai kitab dan alat untuk beribadah tersedia. Halim mencontohkan bahwa di rumahnya ada Al Kitab yang merupakan kepunyaannya, ada pula Al Quran yang sering dibaca oleh ayahnya maupun kitab Parrita milik ibu. 



Posted by : SEHATPOKER



7 Permain Dalam 1 ID [Poker + DOMINO99 + CAPSA SUSUN + ADU Q + BANDAR Q] + 


DAFTAR DISINI : KLIK!!
 Beberapa Kelebihan SehatPoker :
Proses Transaksi Cepat dan Terpercaya
Deposit Dan Withdraw Min 20.000
Kami Siap Melayani 24 Jam Non Stop Setiap Hari
Dapat Dimainkan Di Android, Iphone, dan Ipad
Agen Poker Paling FAIR, NO ROBOT
( Member Vs Member)
Jackpot Hingga Ratusan Juta Rupiah.





Info Lebih Lanjut Hub :
YM : Sehatpoker88@yahoo.com
Skype : Sehat.poker88
No Tlpn : +855966787159
Website : Sehatpoker.com



Pin BB : 2B22B43B

0 comments:

Post a Comment