Sunday, May 21, 2017

Telah Terjadinya Kembali Gunung Sinabung Meletus Yang sangat Dasyat , 3 Relawan Tewas

SEHATPOKER.COM AGEN DOMINO ONLINE TERPERCAYA SERTA AGEN BADAR KIU ONLINE INDONESIA

Telah Terjadinya Kembali Gunung Sinabung Meletus Yang sangat Dasyat , 3 Relawan Tewas
Telah Terjadinya Kembali Gunung Sinabung Meletus Yang sangat Dasyat , 3 Relawan Tewas



Telah Terjadinya Gunung Sinabung kembali meletus. Kali ini dengan intensitas tinggi. Bersamaan itu, dua relawan yang selama ini aktif memantau Sinabung dan melakukan penyelamatan dilaporkan meninggal dunia.
 


Badan Nasional ikut turun untuk Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Gunung Sinabung meletus kembali persis pada jam 04.46 wib, Sabtu (20/5). 



Pada Letusan kedua dalam bulan Mei ini menimbulkan getaran dengan amplitudo 120 mm. “Selain menyemburkan material berupa abu letusan mencapai 4 km, letusan itu menimbulkan getaran dengan amplitudo 120 mm dan gempa vulkanik 343 detik,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho lewat aplikasi WhatsApp kepada wartawan. 




Dan Menurut Sutopo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status Level IV (Awas) pada gunung berapi aktif di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu. 




masing tinggi. Ditambahkannya, PVMBG juga merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas hingga radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung. 



Status zona merah atau tidak boleh dimasuki pun diberlakukan dalam jarak 7 Km untuk sektor Selatan-Tenggara, 6 Km untuk sektor Tenggara-Timur, dan jarak 4 Km untuk sektor Utara-Timur gunung berketinggian 2.451 meter tersebut. 



Masyarakat yang bermukim atau beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diingatkan agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar. Hal itu disebabkan telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus. Penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir sungai itu pun harus mewaspadai bendungan yang sewaktu-waktu dapat jebol. 



Jika itu terjadi, dipastikan lahar atau banjir bandang akan menerjang ke hilir. Sutopo menjelaskan, tidak ada penambahan jumlah masyarakat yang mengungsi terkait letusan kali ini. Karenanya, di delapan pos pengungsian masih tercatat 7.214 jiwa atau 2.038 kepala keluarga. 



Namun, hanya ada 2.863 jiwa yang tinggal di pos-pos tersebut. Pemda Kabupaten Karo menurutnya telah mengalokasikan APBD sebesar Rp1,5 miliar untuk penanganan pengungsi. Hingga saat ini hunian sementara yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR sebanyak 348 unit di empat lokasi. 










“Biaya untuk membangun 348 unit hunian sementara tersebut berasal dari dana siap pakai BNPB sebesar Rp 27,8 miliar. Ditargetkan pada Juni minggu ketiga sudah dapat digunakan untuk pengungsi. Sedangkan untuk sisanya masih terkendala belum tersedianya lahan,” ujarnya. 




Terakhir, Sutopo meminta BPBD Kabupaten Karo agar segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar dan banjir bandang itu ke penduduk di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus. Masyarakat diimbau untuk terus menaati rekomendasi pemerintah karena aktivitas Gunung Sinabung tidak dapat diprediksi. 




Sehari sebelumnya, Jumat (19/5), Gunung Sinabung sudah menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Semburan itu dapat terlihat jelas dari Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat. Semburan abu vulkanik dengan ketinggian serupa juga terlihat 4 dan 14 April 2017 lalu. Ketika itu, staf pada Pos Pengawasan Sinabung PVMBG, M Nurul Asrori mengatakan gunung teraktif di Sumatera Utara itu mengalami erupsi berkali-kali.




 Diketahui, Gunung Sinabung (bahasa Karo: Deleng Sinabung) merupakan gunung dengan puncak tertinggi ke-2 di Sumatera Utara, setelah Gunung Sibayak. Gunung yang tercatat tidak pernah meletus sejak tahun 1600 ini mendadak aktif kembali. 
Letusan pertama sejak 400 tahun lebih, terjadi pada 2010 lalu. Sejak i tu, letusan demi letusan terjadi berulang-ulang dan aktivitas gunung berapi ini disebut terus mengalami peningkatan. 




Setidaknya ada 21 desa dari tiga kecamatan di kawasan lereng Sinabung yang warganya harus direlokasi lantaran berisiko tinggi menjadi korban letusan. Dan, letusan yang terjadi sejak 2010 telah merenggut puluhan korban jiwa





Posted by : SEHATPOKER



7 Permain Dalam 1 ID [Poker + DOMINO99 + CAPSA SUSUN + ADU Q + BANDAR Q] + 


DAFTAR DISINI : KLIK!!
 Beberapa Kelebihan SehatPoker :
Proses Transaksi Cepat dan Terpercaya
Deposit Dan Withdraw Min 20.000
Kami Siap Melayani 24 Jam Non Stop Setiap Hari
Dapat Dimainkan Di Android, Iphone, dan Ipad
Agen Poker Paling FAIR, NO ROBOT
( Member Vs Member)
Jackpot Hingga Ratusan Juta Rupiah.




Info Lebih Lanjut Hub :
YM : Sehatpoker88@yahoo.com
Skype : Sehat.poker88
No Tlpn : +855966787159
Website : Sehatpoker.com

Pin BB : 2B22B43B



0 comments:

Post a Comment